Keunikan Industri Tambang

Industri tambang memiliki sifat unik yang tidak dimiliki oleh  industri lain.

Pemahaman tentang keunikan ini mutlak diperlukan bagi siapa saja yang ingin terjun di bisnis tambang, para profesional, atau yang ingin sekedar jadi pengamat. Berikut beberapa keunikan tersebut:

1. Padat modal

Bisnis tambang adalah bisnis padat modal. Dibutuhkan investasi besar untuk bergelut di bisnis ini. Pada banyak kasus, cadangan mineral umumnya ditemukan di daerah-daerah terpencil. Karena terpencil, jalan masuk ke lokasi tambang belum tentu ada. Hingga jadi tanggung jawab perusahaan untuk membuat jalan masuk itu.

Baca selengkapnya…

Iklan

5 Responses to Keunikan Industri Tambang

  1. yoga berkata:

    mas.. saya saat ini sedang menempuh studi di teknik pertambangan semester 3. yang saya ingin tanyakan adl:

    1. dari sekian banyak kegiatan penambangan sprti, blasting drilling,eksplorasi etc.. keahlian apa yg saat ini dan kedepannya sangat dibutuhkan dan masih jarang tenaga ahli yg menguasai bidang tersebut. karena menurut saya, dari sekian banyak kegiatan penambangan tersebut, kita harus mempunyai spesifikasi! jadi keberadaan kita dibutuhkan dan sulit tergantikan..

    2. sejauh mana peranan software(seperti minescape,surpac,galena..etc) dalam industri pertambangan modern?

    sekian dulu mas pertanyaanny,dtunggu loh mas jwbanny

    best regards

    • Syafril Hernendi berkata:

      Halo yoga,

      1. Susah juga kalo mo bilang tenaga ahli mana yang masih kurang. Tapi yang blasting, mine planning, geotek, operation, termasuk posisi yang banyak dicari di bursa kerja.

      2. Software jelas banyak manfaatnya. Terutama untuk menyingkat waktu, keakuratan, dan banyaknya skenario yang bisa disimulasikan sebelum alternatif terbaik akhirnya diambil.

      Sukses kuliahnya

    • yoga berkata:

      OK siph.. thanks berat y mas,wat pnjelasannya

  2. jaya berkata:

    mas salam kenal,
    didaerah saya tinggal banyak sekali batuan mineral yg letaknya di permukaan.apa ada ciri tertentu dr batuan tsbt yg banyak kandungan emasnya.karna ada yg mengolah 100 kg batu dengan proses amalgasi hanya mendapat 1-5 gram emas, dan ada yg memproses 10kg batu bisa dapat 2kg emas. dan berapa sih ukuran yg dibutuhkan untk memproses 100 kg tailing, NaCn ? dan mixingnya pake udara dr compresor selama 24 jam.trus karbon aktif yg menyerap lalu di keringkan dan digarang sampai tersisa logam boulion. trimakasih ya dan saya tgg balasanya

    • Syafril Hernendi berkata:

      Salam kenal juga,

      Pertanyaan teknis ini ya. Sekarang saya ga bisa bantu banyak. Seumur-umur di tambang saya belum punya pengalaman di pengolahan mineral. Mudah2an segera menemukan jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: