Pertambangan vs Perminyakan

Pertambangan dan perminyakan jelas beda. Di kampus, keduanya dibedakan menjadi dua jurusan yang berlainan.

Teknik Pertambangan berkutat pada studi bahan mineral berbentuk padat.

Batubara, tembaga, emas, perak, uranium, pokoknya asal masih padat, masuk dalam wilayah pertambangan.

Sedang Teknik Perminyakan mencakup minyak bumi dan gas alias bahan tambang berbentuk non padat.

Baca selangkapnya…

About these ads

61 Balasan ke Pertambangan vs Perminyakan

  1. bocahbancar mengatakan:

    Wow Perbandingan yang menarik maz..

    Salam hangat Bocahbancar/…

  2. back 23 mengatakan:

    wah artikel yg meaningfull banget mas..

    gene mas saya mw tanya..law menurut mas kedepannya yg lebih prospektiv thu industri perminyakan atau pertambangan..!?

    maklum saya masih awam yg saya denger slm ne cm pemberitaan di media bhw katanya minyak kita bakalan habis trus law abis thu mobil mw jalan make ap,pswat terbang mw terbang pake apa..!?

    mohon penjelasannya mas

    • Syafril Hernendi mengatakan:

      Memang suatu saat nanti, kalo ditambang semua juga akan habis. Kabar baiknya, belum semua bumi terpetakan, jadi masih akan selalu ditemukan cadangan baru.

      Belum lagi dengan perkembangan teknologi. Yang sekarang belum bisa ditambang, di masa depan mungkin akan menguntungkan dan bisa ditambang.

      Kalo prospek, susah juga nih. Yang pasti kalo tambang akan berkenaan dengan jenis mineral yang lebih bervariasi, sedang perminyakan ‘lebih terbatas’ di minyak dan gas. Cuma perminyakan memang lebih dikenal sebagai profesi yang dibayar lebih besar, biar ga selalu juga.

      Kalo mo bisa masuk ke keduanya, jurusan seperti geologi or teknik geofisika bisa dipertimbangkan.

  3. back 23 mengatakan:

    bener juga C mas..

    tapi saat ini teknik perminyakan tidak hanya belajar migas saja mas,krn setau saya seperti di teknik perminyakan UPN jogja dipelajari juga geothermal,malah pd semester 5 law gak slh mahasiswany di berikan kesempatan untuk memilih konsentrasi migas atau geothermal..(bukan promosi loh y..)

    secara geothermal kita kan cukup besar,N menurut menteri ESDM qt memiliki kandungan geotherm 40% dr kandungn panas bumi dunia..
    jd wlwpun skrg minyak telah menipis setidakny mahasiswa perminyakan gak perlu khawatir dunk MAS.. ya gak?

    TRuz pertanyaan inti selanjutny mas..
    APAKAH BENAR MINYAK KITA (di indonesia ini) AKAN HABIS!?

  4. Anonymous mengatakan:

    waah. . makasih bgt y mas atas penjlasanx,bguna bgt mas. .

    sbnerny sy pngen msuk teknik perminyakan jd skrng msh thp pngumpulan inf0rmasi mas. .

    dtunggu artikel slnjtny mas

    regards. . back 23

  5. Anonymous mengatakan:

    BAGAIMANA CARA MASUK MENJADI MAHASISWA TEKNIK PERMINYAKAN UPN

  6. Harry purnomo mengatakan:

    maz..,mang klo pgn mzuk d tknk perminykan hrz pntr kimia y…???

  7. Satria mengatakan:

    numpang nanya… klo perguruan tinggi yg teknik pertambangan + perminyakannya bagus selain ITB dan UPN mana lagi ya? saya minat banget nih masuk perminyakan

    thanx before

    • Syafril Hernendi mengatakan:

      Saya sudah tidak up date lagi soal perguruan yang menawarkan jurusan2 itu, jadi tidak bisa memberi info akurat.

      Satu cara paling mudah mengetahui kualitas suatu jurusan bisa dilihat dari nilai akreditasinya.

  8. Menur nanditha mengatakan:

    maaf mas , saya ingin bertanya,
    saya adalah calon mahasiswa teknik perminyakan.
    saya telah di terima fak. perminyakan UPN jogja dan trisakti, namun saya bingung memilih di antar dua univ itu . bisa saya minta saran dari anda?
    tks

    • Syafril Hernendi mengatakan:

      Waduh pertanyaan sulit nih, saya ga punya banyak info soal keduanya.

      Cuma beberapa poin ini bisa dijadikan pertimbangan: akreditasi jur tsb, kelengkapan lab, spesifikasi dosen (berapa banyak yang doktor), dll.

      Info2 akurat soal ini bisa ditanya di yang kuliah or alumni univ2 itu. Ato coba pake mbah google.

      Sukses ya..

  9. agung mengatakan:

    wah asik nih menambah wawasan juga… salam kenal semuanya.

  10. Anonymous mengatakan:

    Maaf nganggu mas,sya mau brtny ne…
    Klo d teknik pertambngan bnyk bljar tntang ap?
    Trus klo d permnykan bnyk bljr tntang ap?
    Sblmny Mksh y mas jwbnny.,
    saya sngat brharap jwban mas.Mksh

  11. Anonymous mengatakan:

    Maaf mas,sya Eri.(laki2)
    yg pling bnyk bljr ap?
    Fska ap kmia?

  12. Anonymous mengatakan:

    Mav mas,sya Eri(laki2)
    yg plng bnyk bljar fska ap kmia..
    Mav mas,bnyk nny,soalny sya lgi cri infrmsi neh mas tntang pertmbngan sma prmnykan.
    Soalny sya rncnany mudh2an msk prtmbngan.

    • Syafril Hernendi mengatakan:

      Halo Eri,

      Kalo udah kuliah pelajarannya nyampur, jadi ga murni lagi fisika atau kimia seperti pas smu.

      Tapi biasanya pas tahun pertama kuliah, mo tambang ato minyak tetep dapat fisika n kimia, ya kaya smu kelas 4 lah.

      Kalo udah tahun kedua, mata kuliahnya dah menjurus ke jurusan yang dipilih. Dasar MAFIKI yang didapat pas smu akan membantu.

  13. Anonymous mengatakan:

    Oh…Gtu y mas,Mksh y mas ats infrmsiny…
    Kpn2 sya blh nny lgi y mas!

  14. Anonymous mengatakan:

    mav mas saya eri…

    mksdnya mas mnjrus k jrsan yg d plih,mslnya pertambangan ,itu contohnya peljaran apa yg d pljri???????????
    mav ya mas nganggu soalnya sya blm tau bner,
    dan sblumnya mksh ya mas atas jwbannya.

    • Syafril Hernendi mengatakan:

      Halo eri,

      Waduh banyak kali tanda tanyanya..

      Ini contoh mata kuliah pertambangan: teknik peledakan, teknik pemboran, ventilasi tambang, pemindahan tanah mekanis, pengolahan bahan galian, dll.

      Biar bisa lancar ya dasar MAFIKI yang udah didapat akan membantu.

  15. Anonymous mengatakan:

    Soalny bngung mas…
    Oh gtu y mas,mksh y mas ats jwbnny…
    Kpn2 bleh nnya lgi y mas.

  16. dedi mengatakan:

    salam kenal.. artikelnya bagus.. bisa bantu kritik web saya? trims…

  17. Anonymous mengatakan:

    Mav mas,saya eri…
    Mau nnya lgi,prgruan tinggi ap y yg bgus prtambnganny?
    Mksh y mas.

  18. Anonymous mengatakan:

    Klo di UGM ada ngk mas,
    klo ada bgs ngk mas?

  19. Anonymous mengatakan:

    Klo d UGM ad ngk teknik pertambngan…
    Klo ad bgs ngk mas?

  20. hendri mengatakan:

    saya mo tanya dnk..saya mo masuk pertambangan nih.niad gtuu.tapii masi bner2 ga gtu ngeti2 bgt ttg tambang.tar tkud salah pilih lagi.gmn dnk?hehe
    trus mau tanya dnk..bwat skrg ini,,saya pngen belajar lebih lagi pertambangan.mungkin ad kimia,dan kimia itu bahannya apa?elektrolisis kah?ato apa?dan slaen ituu ad apa aja?biar saya bisa belajar dluan,dan mungkn itu yang akan menambahkan niad saya ke pertambangan itu.thx ya

    • Syafril Hernendi mengatakan:

      Biar ga bingung, baca aja blog ini *promosi*. Dikit2 kan jadi ada gambaran apa itu tambang.

      Di kuliahan, pelajarannya ga sama lagi dengan waktu SMU.

      Kalo kimia, di tambang nanti bakal dapat kimia analisis sama kimia organik.

      Ndak perlu belajar sekarang. Kalo masih SMU, fokus dulu aja ke pelajaran kimia yang sekarang.

      Kalo yang sekarang dah OK, ntar waktu kuliah juga gampang.

      • Anonymous mengatakan:

        ohh.hhehe.ia dh.sip2.tq yah.
        tar coba2 dh keliling neh blog.
        kaloo yg paling dlm mnurut mas ap?bagian apa gtuu?fisika kah?kimia?ato ap?yg paling bner2 dalem sharusnya.hha
        tq yah..tkud salah plih jurusan nihh

  21. Rizal m. mengatakan:

    Katanya jurusan pertambangan upn paling bagus, betul g mas?

  22. Chandra mengatakan:

    Salam kenal dari aku mas.
    Aku mau tanya,
    Aku dari smk analis di jkrta,tapi aku udah krja di salah satu rmah sakit di jakrta 6 bulan ini,rencnanya tahun dpan mau kuliah,tapi aku pngen bgt kuliah jurusan perminyakan..bisa gk mas?trus kuliah perminyakan yg bgus mnurut mas di itb ,trisakti, atau upn?
    Hrap di blas.thx

  23. anang mengatakan:

    ya..pertanyaanya sebenarnya retoris..

    masuk ITB aja,,

  24. Chandra mengatakan:

    Retoris gmana?
    Sya krang ngrti mksd.a .
    Inti nya bsa gk sya bsa gk msuk kul pminyakan?

  25. Chandra mengatakan:

    Saya mau masuk perminyakan trisakti atau upn dengan NEM 30 dari 4 mapel bisa gak mas?
    Di bls ya.

  26. aji mengatakan:

    halo mas saya aji bekasi ,,sekarang saya duduk di kelas 3 sma rencananya saya ingin masuk ke teknik perminyakan upn,namun saya masih ragu2 antara teknik perminyakan atau teknik geologi?
    klo t.perminyakan katanya ruang lingkupnya sedikit
    klo t.geologi ruang lingkupnya cukup luas tapi saya takutnya nanti tidak fokus.menurus bagaimana?trims
    nice blog…

    • Syafril Hernendi mengatakan:

      Kalo bicara ruang lingkup, perminyakan emang lebih khusus, sedang geologi lebih bisa masuk kemana-mana.

      Tinggal sekarang niatnya bagaimana. Kalo memang ntar pingin punya karir di minyak, teknik perminyakan lebih tepat. Tapi kalo pinginnya lebih umum, geologi akan jadi pilihan bagus.

      Masing2 ada sisi lebihnya tergantung apa yang dipingini.

  27. Aji mengatakan:

    Ok dah makasih atas sarannya.
    Tpi klo mnurut mas nih,bgusan yg mna?(pendapat)
    Oia 1 lg klo lulusan t.perminyakan itu biasanya kerjanya selalu d lapngan y?

    • Syafril Hernendi mengatakan:

      Masing2 punya bidang khususnya, ga mungkin bisa dibandingkan.

      Kata orang apel baru bisa dibandingkan dengan sesama apel. Sebaliknya, apel ga bisa dibandingkan dengan jengkol, sebab ini dua spesies yang berbeda.

      Masalah kerja dimana tergantung penempatan nantinya. Tambang atau minyak itu bidang yang luas. Ambil contoh tambang, bisa saja ntar banyak kerja di kantor karena dia dapat tempat dibagian engineering alias bikin design. Tapi kalo kebagian posisi ngawasin crew/pekerja ya akan banyak dilapangan.

  28. P_Zone mengatakan:

    semua tergantung selra kita masing2. Buat yang seneng minyak, ya ambil teknik perminyakan. But, buat yang suka mindahin tanah ambil aja jurusan teknik pertambangan. bLOG PERMINYAKAN buka di sini : http://www.m-darajat.blogspot.com/. he…..

  29. Aji mengatakan:

    Terima kasiH atas infonya.
    Terima kasih atas infonya,sangat bermanfaAt bagi saya.
    Oia stu lg nie ka,dlm t.perminyakan itu kan ad subjurusan sperti t.reservoir,t.pRoduksi,t.pemboran dll.saya ingin menanyakan apakah saat kita kuliah nnti smua subjurusan tsb qta peljari?atau qta hrus memilih slah stu dri itu?
    Mohon bntuannya y ka.

  30. Aji mengatakan:

    Terima kasih atas infonya,sangat bermanfaAt bagi saya.
    Oia stu lg nie ka,dlm t.perminyakan itu kan ad subjurusan sperti t.reservoir,t.pRoduksi,t.pemboran dll.saya ingin menanyakan apakah saat kita kuliah nnti smua subjurusan tsb qta peljari?atau qta hrus memilih slah stu dri itu?
    Mohon bntuannya y ka.

  31. Fitri mengatakan:

    Bermanfaat banget artikelnya,.. ^^

  32. Arya mengatakan:

    mas,,,
    saya dari upn jurusan tambang..
    mas dri upn juga ya?
    apa alumni upn?
    terima kasih

  33. daniel mengatakan:

    Trimakasih artikel yg bagus & sangat membantu saya.
    saya kelas 3 & sudah ditrima di TRISAKTI & UPN Fak Perminyakan ajaran 2010/2011 ini.
    Pertanyaan saya:
    1. Mas alumni mana?
    2. Mana yg lebih bagus TRISAKTI or UPN??
    3. rata” di Perminyakan studynya brapa lama???
    4. Mengenai PKL & TUGAS AKHIR di semester akhir klo di Perminyakan gimana ya( apa kita yg cari perusahaan or perusahaan yg cari kita)& SKRIPSInya????
    Trimaksih sebelumnya.
    smoga pertanyaan saya dijawab.

  34. defri mengatakan:

    setuju bwt daniel. .tolong jawab ya mas.

  35. danial mengatakan:

    teknik pertambangan unsri menurut saya lebih bagus…

  36. Elyas mengatakan:

    Klw S1 petambngan tuh bisa kerja dperminyakan ga??
    klw bisa dbgian pa za…

  37. afifnugraha mengatakan:

    sw.
    salam kenal kak(saya bingung manggilnya apa,,saya masih 18 tahun)
    nama saya afif,dan baru diterima di fakultas yang sama seperti anda FTTM,mungkin dulu namanya FIKTM ITB,,saya angkatan 2010

    melihat postingan yang sebelumnya,khususnya di artikel tambang,,setelah membaca tulisan-tulisan tersebut saya jadi makin tertantang untuk mengambil prodi tambang di FTTM ITB di tahun kedua nanti

    mohon bimbingannya,,mungkin bisa share pengalamannya dari masa-masa kuliah hingga bisa berkarir di perusahaan ternama layaknya freeport dan melanjutkan S2 di luar negeri

    sebenarnya banyak sekali pertanyaan yang ingin saya lontarkan,,namun bertahap saja,,hhe\

    terima kasih

  38. Anonymous mengatakan:

    gimana menurut anda pertambangan upn itu bagus atau tidak?

  39. justin beiber mengatakan:

    You actually make it appear really easy along with your presentation
    but I find this topic to be actually something which I think
    I might never understand. It seems too complicated and very
    extensive for me. I’m looking forward on your subsequent post, I’ll attempt to get the grasp of it!

  40. Rizkia Dwi Sinarni Putri mengatakan:

    mas , berapa lama kuliah di ITB jurusan pertambangan ?
    trus susah ga ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: